Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

https://www.uhamka.ac.id/reg

Pusat Tracer Study UHAMKA

TribuneIndonesia -  Pusat tracer study UHAMKA merupakan penelitian yang dilaksanakan untuk mengetahui informasi para alumni, terutama dalam ...

TribuneIndonesia - Pusat tracer study UHAMKA merupakan penelitian yang dilaksanakan untuk mengetahui informasi para alumni, terutama dalam hal pencarian kerja, situasi kerja dan manfaat yang diperoleh selama mengemban pendidikan di sebuah Universitas. Kini pusat tracer study telah dibuka sebagai cerminan bagi mahasiswa baru untuk menilai cocok tidaknya antara ilmu yang didapatkan dengan tantangan kerja di luar sana.
Hampir setiap perguruan tinggi membentuk tracer study guna menarik kalangan public untuk mengemban pendidikan di perguruan tinggi tersebut. Hal itu tentunya perlu diselenggarakan dengan program kerja yaitu:
  1. Evaluasi Proses Pembelajaran
  2. Kontribusi Pendidikan Tinggi
  3. Outcome Pendidikan
  4. Kajian UHAMKA dalam Berbenah
  5. Study Banding
Pusat tracer study UHAMKA memiliki tujuan dan manfaat yang akan membawa universitas pada akreditasi terbaik. Sejak tahun 2011, Ditjen Dikti Kemdiknas berpedoman pada tracer study untuk menilai para lulusan perguruan tinggi Indonesia saat melamar kerja.

Tujuan Tracer Study
  1. Untuk Mengetahui sejauh mana keberhasilan alumni setelah lulus dari perguruan tinggi UHAMKA
  2. Untuk Mengetahui peran yang dimiliki oleh perguruan tinggi terhadap kemampuan dalam dunia kerja
  3. Untuk informasi mengenai kualitas hasil lulusan perguruan tinggi yang dibutuhkan oleh Ditjen Dikti
Manfaat Tracer Study
1. Bagi Perguruan Tinggi
Manfaat bagi perguruan tinggi adalah dapat mengetahui informasi mengenai sebaran alumni. Kemudian juga dapat menjadi acuan untuk penilaian seberapa suksesnya alumni dalam dunia kerja, sehingga perguruan tinggi dapat memperbaiki kurikulum dan sistem pembelajaran sesuai dengan kompetensi dunia kerja.
2. Bagi Dikti
Dikti dapat menilai kesuksesan lulusan suatu universitas melalui ilmu yang dimiliki oleh alumni perguruan tinggi tersebut.
3. Bagi Industri
Industri dapat melihat informasi lebih banyak lagi mengenai alumni perguruan tinggi melalui tracer study yang diadakan pihak universitas. Selanjutnya juga dapat digunakan sebagai pedoman yang lebih sesuai untuk para lulusan dalam mencari kerja yang baru.

Itulah yang diharapkan pihak perguruan tinggi UHAMKA setelah membuka pusat tracer study UHAMKA. Universitas yang berhasil mendidik mahasiswa dapat dilihat dari seberapa banyak alumni yang berhasil pula. 

Mau Beasiswa ? Klik Disini


image : tracer.uhamka.ac.id
https://www.uhamka.ac.id/reg