Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Pusat Kajian Kesehatan UHAMKA

TribuneIndonesia -  Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA atau yang lebih dikenal dengan UHAMKA, telah membentuk sebuah perkumpulan untuk...

TribuneIndonesia - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA atau yang lebih dikenal dengan UHAMKA, telah membentuk sebuah perkumpulan untuk mengkaji suatu materi yang dibawakan oleh narasumber. Perkumpulan tersebut diberi nama pusat kajian kesehatan UHAMKA, di mana kajian tersebut diadakan satu bulan sekali selama empat bulan.  

Peserta yang hadir dalam kajian tersebut merupakan mahasiswa Fakultas Ilmu Kedokteran UHAMKA beserta tamu dari PK IMM Bidang Riset Pengembangan Keilmuan se-Jakarta Selatan dan juga KM FIKes UHAMKA. Mereka akan mengkaji materi yang dibawakan oleh narasumber. Pada tahun 2018, kajian telah dilaksanakan sebanyak empat kali dengan masing-masing tema, yakni :
1. Kajian Pertama
Kajian yang diadakan pertama kali di tahun 2018 terlaksana pada hari Rabu, 18 April 2018 dengan tema “Mencegah Penyebaran LGBT melalui Peran Mahasiswa sebagai Agent of Change dalam Pandangan Islam”. Narasumber yang hadir saat itu adalah dr. Novi Andayani P, M.Si. Setiap yang menjadi narasumber akan menyampaikan materi terkait dengan tema yang diangkat.
2. Kajian Kedua
Setelah sukses dengan acara pertama, pusat kajian kesehatan UHAMKA menggelar kajian kedua dengan tema “Optimalisasi 1000 Hari Pertama Kehidupan Menurut Pandangan Islam”. Kajian tersebut diadakan tepatnya pada hari Rabu, 30 Mei 2018 yang dihadiri oleh narasumber Leni Sri Rahayu, S.KM, MPH.
3. Kajian Ketiga
Kajian ketiga dilaksanakan pada Rabu, 27 Juni 2018 dengan tema “Islam Berbicara Depresi (Pencegahan dan Solusinya)”. Materi tersebut kemudian disampaikan oleh narasumber dr. Bety Semara Lakhsmi, MKM.
4. Kajian Keempat
Kajian terakhir di tahun 2018 terselenggara pada Rabu, 11 Juli 2018. Tema yang diangkat pada kajian terakhir tersebut adalah “Mengenali Kesehatan Reproduksi Remaja Menurut Pandangan Islam”. Narasumber yang hadir sebagai pemateri kala itu adalah Yasin Isa Alfadhani, S.KM.

Dengan hadirnya 50 peserta setiap kali acara kajian digelar, pihak penyelenggara memiliki harapan yang besar, yakni dengan adanya acara pusat kajian kesehatan UHAMKA dapat menumbuhkan budaya diskusi dan literasi di kalangan mahasiswa PK IMM FIKes dan FIKes UHAMKA.


Mau Beasiswa ? Klik Disini


image : facebook.com/Tri Widiawati