Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Landasan pendirian IMM UHAMKA

TribuneIndonesia -  IMM UHAMKA atau Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UHAMKA ialah suatu organisasi mahasiswa-mahasiswa muhammadiyah Indonesia d...

TribuneIndonesia - IMM UHAMKA atau Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah UHAMKA ialah suatu organisasi mahasiswa-mahasiswa muhammadiyah Indonesia di luar kampus. Organisasi ini juga salah satu organisasi yang berada dibawah naungan persyarikatan muhammadiyah.
IMM ini sendiri didirikan pada tanggal 14 Maret 1964 bertempat di Yogyakarta.  Pada dasarnya ada faktor yang mempengaruhi pendirian organisasi ini yakni Faktor Internal dan Faktor Eksternal. Yuk kita simak sejarah dan latar belakang pendirian IMM berdasarkan kedua faktor tersebut.

Faktor Internal
Faktor pertama dalam mendirikan IMM sebenarnya pada mulanya didominasi oleh motivasi dari dalam organisasi Muhammadiyah itu sendiri guna mengembangkan gagasan, ideologi, dan cita-cita organisasi. Dalam mewujudkan tercapainya cita-cita organisasi maka Muhammadiyah sendiri harus masuk dan melakukan interaksi langsung dengan masyarakat luas termasuk didalamnya adalah mahasiswa-mahasiswa.
Muhammadiyah membentuk wadah atau ikatan atau organisasi baru dikalangan mahasiswa sehingga potensi untuk mewujudkan cita-cita organisasi bisa tercapai. Selain organisasi IMM pada kegiatan Muktamar yang ke 25 tahun 1936 muncul ide untuk mendirikan perguruan tinggi atau universitas  muhammadiyah.

Pada saat IMM resmi terbentuk di Yogyakarta tahun 1964 ada enam penegasan mengenai IMM yang langsung ditandatangani oleh K.H. Ahmad Badawi yang isinya menegaskan bahwa :
  • IMM adalah gerakan mahasiswa islam
  • Kepribadian muhammadiyah ialah landasan IMM
  • Ilmu adalah alamiah dan amalan itu ialah ilmiah
  • Amalan IMM Lillahi Taala
Faktor Eksternal
Faktor berdirinya IMM memiliki kaitan erat dengan kondisi dan situasi kehidupan yang ada disekitar Muhammadiyah. Pada saat pendirian IMM kondisi umat islam masih penuh dengan paham, tradisi serta keyakinan-keyakinan yang malah tidak sesuai dengan ajaran Islam yang sebenarnya. Dalam kehidupan berbangsa saat itu juga tengah terancam oleh paham-paham komunis , kebodohan, keterbelakangan, politik dan kemiskinan. Meskipun saat itu negara Indonesia sudah merdeka dari penjajah, namun masih belum mencerminkan makna merdeka itu sendiri.  Hal itu lah yang mendorong muhammadiyah membentuk IMM yang bisa menjadi wadah bagi mahasiswa islam untuk mengembangkan dan membangun bangsa.
Sudah banyak kampus-kampus yang ikut bergabung dengan organisasi IMM ini salah satunya yaitu IMM UHAMKA.

Mau Beasiswa ? Klik Disini

image : @pcimmjaksel