Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

HIMA UHAMKA untuk Wujudkan Profesionalisme Mahasiswa

TribuneIndonesia -  HIMA UHAMKA atau Himpunan Mahasiswa merupakan sebuah organisasi mahasiswa berupa perkumpulan atau perhimpunan yang diban...

TribuneIndonesia - HIMA UHAMKA atau Himpunan Mahasiswa merupakan sebuah organisasi mahasiswa berupa perkumpulan atau perhimpunan yang dibangun demi mewujudkan suatu tujuan bersama. Biasanya, Himpunan Mahasiswa akan ada di setiap prodi atau jurusan di setiap kampus, begitu pun di kampus UHAMKA. Setiap jurusan yang ada di kampus, tentu tidak terlepas dari adanya HIM. Untuk itu, berikut ini adalah ulasan mengenai HIMA apa saja yang ada di UHAMKA dan bagaimana kehidupannya.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa Himpunan Mahasiswa ini akan ada di setiap prodi. Dengan begitu, himpunan mahasiswa yang ada pun tergantung adanya prodi apa saja yang ada di UHAMKA. Namun, sebagai contoh, beberapa HIMA yang ada di UHAMKA ini adalah seperti HIMA KESMAS yang merupakan bagian himpunan mahasiswa di prodi Kesehatan Masyarakat, HIMA Perbankan Syariah, HIMA PBSI atau Pendidikan  Bahasa dan Sastra Indonesia, dan himpunan mahasiswa lainnya.

HIMA termasuk pada salah satu organisasi mahasiswa di dalam kampus yang biasanya dibentuk berdasarkan adanya kesamaan dalam bidang disiplin ilmu, atau juga karena adanya program studi dan jurusan tertentu di salah satu fakultas yang berjejaring dengan disiplin ilmu yang sama dengan perguruan tinggi lainnya. Maka dari itu, sifatnya pun lebih otonom dan fokus pada disiplin ilmunya masing-masing.

Sebagai contoh misalnya, di UHAMKA terdapat HIMA KESMAS yang terfokus di prodi kesehatan masyarakat. Pada himpunan mahasiswa itu, organisasi menampung anggota-anggotanya dari kalangan mahasiswa di prodi KESMAS untuk membahas konteks-konteks keilmuan, penalaran hingga merealisasikan dan mengembangkan profesionalisme sesuai program studi yang dijalani.

Salah satu kegiatan yang diadakan oleh HIMA KESMAS ini, misalnya, adanya pengadaan diskusi rutin yang membahas berbagai macam bahasan. Seperti masalah-masalah di Indonesia yang erat kaitannya dengan kesehatan masyarakat, hingga pengadaan beberapa event atau kegiatan yang melingkupi jurusannya. Begitu pun dengan himpunan mahasiswa lainnya, di mana semuanya tergantung pada konteks keilmuan yang dianyam oleh setiap prodi.

Kehadiran HIMA UHAMKA ini adalah sangat baik dan bermanfaat demi kelangsungan pembelajaran dan akademisi mahasiswa. Selain mahasiswa belajar formal di dalam kelas, pembahasan dan ilmunya pun bisa lebih dikembangkan lagi dengan melakukan diskusi dan penalaran lebih lanjut di luar kelas dengan sifat yang lebih fleksibel namun terarah.

Mau Beasiswa ? Klik Disini

image : @himapaiuhamka

Reponsive Ads