Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Kegiatan mahasiswa UHAMKA yang menarik dan bermanfaat

TribuneIndonesia -  UHAMKA ialah salah satu perguruan tinggi swasta Muhammadiyah yang berada di Jakarta. Universitas ini merupakan amal usah...

TribuneIndonesia - UHAMKA ialah salah satu perguruan tinggi swasta Muhammadiyah yang berada di Jakarta. Universitas ini merupakan amal usaha organisasi Muhammadiyah yang berlandaskan Al Quran dan Hadist serta berasaskan Pancasila dan juga UUD 1945. Caturdharma perguruan tinggi Muhammadiyah adalah melakukan pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Allah SWT, menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, melakukan pengabdian dan riset terhadap masyarakat yang sesuai dengan syariat Islam.

Pada awalnya UHAMKA ialah PTPG (Perguruan Tinggi Pendidikan Guru) pada tahun 1957. Kemudian setelah melewati berbagai proses Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memutuskan dan menetapkan bahwa IKIP-MJ atau PTPG berubah menjadi Universitas Muhammadiyah Prof. HAMKA (UHAMKA) bertepatan pada tanggal 30 Mei 1997.

Mahasiswa UHAMKA juga sangat banyak dan saat ini terdapat 10 Fakultas yang aktif di UHAMKA antara lain yaitu FKIP, FEB, FT, FIKES, FISIP, FFS, FAI, Psikologi, FK, dan Pascasarjana. Kegiatan mahasiswa UHAMKA juga beragam bermanfaat untuk diikuti oleh mahasiswa.

Kegiatan mahasiswa UHAMKA
1. Orientasi dasar-dasar Islam (ODDI)
Kegiatan mahasiswa UHAMKA ini meliputi pembinaan dan berbagi ilmu bidang Al Islam dan juga tentang Muhammadiyah kepada seluruh mahasiswa baru. Penyelenggara kegiatan ini ialah Wakil Rektor IV bekerja sama dengan bidang kemahasiswaan.

2. Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD)
Kegiatan ini diselenggarakan oleh BEM fakultas yang bekerja sama dengan HIMA prodi UHAMKA. Uraian kegiatan LKTD ialah kegiatan mahasiswa setingkat fakultas mengenai latihan-latihan kepemimpinan dasar.

3. Darul Arqam Dasar (DAD)
kegiatan mahasiswa UHAMKA ini ialah suatu kegiatan pencalonan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah setingkat Fakultas. Penyelenggara kegiatan kemahasiswaan ini adalah IMM fakultas UHAMKA sendiri.

4. Workshop
Diselenggarakan oleh organisasi internal kampus yaitu HIMA prodi. Kegiatan ini adalah berupa workshop guna meningkatkan Softskil mahasiswa sesuai dengan keahlian masing-masing.

5. Olimpiade BEM UHAMKA
Kegiatan rutin ini terselenggara atas kerja sama BEM UHAMKA dengan UKM. Adapun uraian kegiatan ini ialah penyelenggaraan kejuaraan dalam bidang seni dan olahraga.

6. Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (MAWAPRES)
Kegiatan kemahasiswaan ini meliputi penyelenggaraan pemilihan mahasiswa dan mahasiswi yang berprestasi tingkat fakultas serta tingkat kampus UHAMKA. Aktifitas ini diselenggarakan Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan.

Mau Beasiswa ? Klik Disini

image : fikes.uhamka.ac.id