Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

YMPAI Menyelenggarakan Pelatihan Manajemen Emosi Inovatif untuk Meningkatkan Kesehatan Mental ODHIV

TRIBUNESIA.com - Yayasan Masyarakat Peduli Anak Indonesia (YMPAI) telah mengadakan pelatihan manajemen emosi yang inovatif untuk Orang Den...


TRIBUNESIA.com
- Yayasan Masyarakat Peduli Anak Indonesia (YMPAI) telah mengadakan pelatihan manajemen emosi yang inovatif untuk Orang Dengan HIV (ODHIV) dengan tujuan meningkatkan kesehatan mental mereka. Kegiatan ini merupakan yang pertama kali di Indonesia dan bertujuan untuk mengurangi tingkat stres ODHIV, meningkatkan daya tahan tubuh mereka, dan meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan. Program ini bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Depok dan menggunakan teknik Spiritual Emotion Freedom (SEF) yang didukung oleh penelitian.

Julie Rostina, pendiri YMPAI, menjelaskan bahwa kegiatan ini bukan hanya pelatihan biasa, tetapi juga berdasarkan penelitian. Hasil dari kegiatan ini diharapkan dapat menjadi rekomendasi pemerintah untuk mendukung kesehatan mental ODHIV di Kota Depok. Program ini bertujuan untuk membuat ODHIV lebih sehat secara mental, mengurangi tingkat stres, meningkatkan stabilitas imunitas tubuh, dan meningkatkan kepatuhan terhadap pengobatan ARV dan terapi ODHIV.

Julie Rostina juga menekankan bahwa keberhasilan program ini akan berdampak positif pada kualitas hidup dan kesehatan ODHIV secara keseluruhan. Selain itu, hasilnya diharapkan dapat menjadi dasar kebijakan yang lebih luas di Kota Depok dalam mendukung kesehatan mental ODHIV, terutama dalam mencapai target nol kematian akibat AIDS. Program ini telah terbukti efektif sejak tahun 2019 dalam membantu ODHIV mengelola stres dan meningkatkan kualitas hidup mereka. 120 peserta sosialisasi kesehatan mental ini akan menjalani tes tingkat stres untuk mengevaluasi efektivitas program ini, dan hasilnya akan digunakan untuk memperbaiki kebijakan yang lebih baik untuk ODHIV di bidang kesehatan mental.





Reponsive Ads