Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Kisi-Kisi Soal UNBK Matematika SMA 2019 dari BSNP Kemendikbud

Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) membagikan kisi-kisi untuk Ujian Sekolah Berstand...



Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) membagikan kisi-kisi untuk Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) dan Ujian Nasional (UN) tahun 2019. 

Dilansir dari laman resmi BSNP, fungsi kisi-kisi adalah sebagai acuan pengembangan dan perakitan naskah soal ujian, baik soal USBN maupun soal UN. 

Kisi-kisi disusun berdasarkan kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku. 

Menurut Ketua BSNP Bambang Suryadi, kebijakan USBN dan UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan kebijakan USBN dan UN tahun sebelumnya. Perbedaan ada pada jumlah peserta dan jadwal ujian. 

"Bentuk soal USBN meliputi soal pilihan ganda sebanyak 90 persen dan soal esai sebanyak 10 persen. Masih ada soal dari Pusat sebanyak 20-25 persen untuk USBN, sedangkan untuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat," kata Bambang. 

Ia menambahkan, penerapan soal yang berorientasi pada penalaran atau Higher Order Thinking Skills (HOTS). 

Dengan adanya kisi-kisi USBN dan UN ini, diharapkan para guru di masing-masing satuan pendidikan dapat melakukan perencanaan ketuntasan pembelajaran untuk persiapan ujian. 

Kisi-kisi USBN dan UN dapat diunduh melalui situs web berikut ini. 



Di laman kisi-kisi USBN, terdapat beberapa folder pilihan kisi-kisi kurikulum dan tahun ajaran yang sesuai kebutuhan peserta. Sementara di laman kisi-kisi UN, terdapat beberapa folder untuk SMK 2019, SMA 2019, SMALB 2019, SMP 2019, dan SMPLB 2019. 

Saat ini yang sedang melaksanakan UNBK adalah jenjang SMA dengan jadwal sebagai berikut. 

Senin 1 April 2019: Bahasa Indonesia. 
Selasa 2 April 2019: Matematika. 
Kamis 4 April 2019: Bahasa Inggris. 
Senin 8 April 2019: Satu mata pelajaran jurusan yang diujikan.

Kuliah Beasiswa..?? Klik Disini

Gambar : Tirto.id  
Sumber : Tirto.id

Reponsive Ads