Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

https://www.uhamka.ac.id/reg

UHAMKA Turut Melestarikan Tari Saman

TribuneIndonesia -  Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka ini bukan hanya menggunakan landasan agama sebagai dasar atau pondasi mahasiswa b...

TribuneIndonesia - Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka ini bukan hanya menggunakan landasan agama sebagai dasar atau pondasi mahasiswa barunya, namun mempunyai misi juga untuk melestarikan salah satu kebudayaan Indonesia. Tari Saman UHAMKA yang digalakkan oleh BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) mempunyai banyak kegiatan yang bukan pasif.

Sekilas Mengenai Tari Saman
Diantara beragam tarian yang terdapat di negara Indonesia, tari saman merupakan salah satu kategori seni tari yang mempunyai daya tarik lebih untuk peminatnya. Keunikan yang dimiliki tari saman ini ada pada kekompakan dan juga gerakan para penarinya yang sangat luar biasa. Para penari tersebut bisa dengan kompak menari mengikuti irama musik secara serentak. Setiap gerakannya sangat teratur, seolah keseluruhan gerakan tersebut dilakukan oleh satu tubuh.

Dikenal dengan nama tari saman yang diberikan oleh salah satu ulama yang berasal dari daerah tarian ini. Tarian Saman ini dilakukan sebagai bentuk melakukan dakwah yang dilakukan dengan melantunkan pujian kepada Allah SWT, tak heran dilestarikan pula oleh UHAMKA. Karena misinya sama, yaitu mencetak mahasiswa yang bukan hanya pandai namun berakhlak dan berbakti kepada negara.

Tari Saman oleh BEM UHAMKA
Sebagai salah satu universitas yang mencetak generasi muda agar menjadi sosok yang tangguh namun mempunyai bekal agama yang kuat membuatnya membekali mahasiswanya dengan budaya juga. Agar generasi muda pun turut serta dalam pelestarian tari saman. Tari Saman UHAMKA yang digalakkan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa ini sangatlah bagus dan bermanfaat.

Tari saman yang memang pada awalnya sebagai bentuk pujian kepada Allah SWT dan juga sebagai cara untuk berdakwah menyebarkan agama Islam secara perlahan telah bergeser fungsinya hanya sebagai hiburan.

Kurangnya pengetahuan tersebut yang membuat mahasiswa yang mempunyai bekal agama yang mumpuni dari UHAMKA sejak masa orientasinya tentu menginginkan agar tarian saman nantinya memang bukan hanya sebagai hiburan atau bentuk pelestarian budaya saja. Tapi tari saman UHAMKA sebagai upaya juga untuk menyebarkan pengetahuan bahwa tari saman ini selain sebagai tarian daerah, namun asal - usulnya adalah bentuk dakwah para ulama.


Mau Beasiswa ? Klik Disini

image : ratoejaroe.blogspot.com
https://www.uhamka.ac.id/reg