Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Pusat Studi Buya Hamka UHAMKA

TribuneIndonesia -  Pusat Studi Buya Hamka UHAMKA – UHAMKA (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA) ialah salah satu perguruan tinggi mili...

TribuneIndonesia - Pusat Studi Buya Hamka UHAMKA – UHAMKA (Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA) ialah salah satu perguruan tinggi milik swasta yang berlokasi di Jakarta. Universitas ini hadir sebagai bentuk amal usaha Muhammadiyah untuk membangun sebuah PTM yang berlandaskan pada nilai keislaman pada setiap aspek pendidikan dan pengajaran hingga pengabdian dan penelitian yang dilaksanakan mahasiswa maupun tenaga pengajar nantinya.

Pusat Studi Buya Hamka sendiri dimaksudkan untuk  mengingat dan meneladani sosok penuh semangat yang bernama Buya HAMKA yang bisa dijadikan landasan semangat pembelajaran perguruan tinggi yang satu ini. Kehadiran Pusat Sudi Buya Hamka ditujukan untuk menyelami lebih banyak lagi pemahaman terkait sosok intelektual dengan nilai keislaman yang  tercerminkan dari segala sikapnya, itulah dia sosok yang bernama Buya Hamka.

Dalam berbagai kesempatan, pusat studi UHAMKA ini juga aktif menyumbangkan gagasan serta pemikiran mengenai Buya Hamka. Bahkan kehadiran Pusat Studi ini membuat kegiatan memperkenalkan pemikiran Buya Hamka pada berbagai kalangan semakin mudah, salah satu yang sering dilaksanakan ialah melalui acara seminar. Segala pemikiran, pandangan dan kenangan tentang Buya Hamka diringkas dalam sebuah buku. Buku ini pun menjadi simbol sebagai peringatan 100 tahun Buya Hamka.

Buya Hamka dikenal sebagai sosok intelektual yang sangat cerdik, pandai dan memiliki nilai keislaman yang tinggi. Bahkan beliau dikenal aktif dalam menyebarkan pandangan Islam dan memiliki peran penting dalam organisasi Muhammadiyah. Saat masa hidupnya, Buya Hamka juga pernah terpilih sebagai anggota konstituante yang sebelumnya sempat ditolak beliau. Kepiawaian Buya Hamka tidak berhenti sampai disitu, beliau juga aktif dalam dunia literatur, pernah menjadi editor, wartawan hingga penerbit.

Dikenal sebagai seorang pembelajaran yang ulet, Buya Hamka juga rajin menekuni sastra, filsafat, politik, sejarah, sosiologi dan menguasai bahasa Arab. Keteguhan  dan semangat belajar yang dimiliki Buya Hamka inilah yang seharusnya kembali dimiliki dan dialami oleh para mahasiswa PTM.
Diharapkan, kehadiran Pusat Studi Buya Hamka UHAMKA membawa dampak positif untuk para mahasiswa PTM. Diharapkan jejak semangat dan pemikiran yang dahulunya diperjuangkan oleh Buya Hamka bisa didalami dan kembali diteruskan oleh generasi muda saat ini.


Mau Beasiswa ? Klik Disini

image : facebook.com/Forum Pegiat Literasi Padang Panjang