Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Peranan Kantor Urusan Internasional UHAMKA

TribuneIndonesia -  Keberadaan kantor urusan Internasional UHAMKA semakin memperkenalkan UHAMKA ke dunia internasional. Selain itu, ada bany...

TribuneIndonesia - Keberadaan kantor urusan Internasional UHAMKA semakin memperkenalkan UHAMKA ke dunia internasional. Selain itu, ada banyak program lain KUI UHAMKA untuk menjalin kerjasama internasional yang bisa menjadi pintu gerbang urusan internasional. Sesuai misi pembentukan KUI UHAMKA ini, yaitu merencanakan, mengembangkan serta mengimplementasikan berbagai strategi di segala aktivitas yang bersifat internasional serta berkaitan dengan peningkatan mutu pelayanan di UHAMKA.

Aktivitas Kantor Urusan Internasional UHAMKA
Ada beberapa kegiatan yang biasanya dilakukan oleh Kantor Urusan Internasional, seperti berikut :
  1. Melakukan pengembangan upaya kerjasama di berbagai macam program bersama pihak lembaga atau institusi di luar negeri.
  2. Melakukan pengembangan pelayanan yang terstandarisasi lewat aktivitas internasional untuk para staf asing dan mahasiswa asing, lewat proses izin tinggal, pelayanan penerimaan mereka, dan proses izin perpanjangan untuk tinggal.
  3. Melakukan pengembangan materi promosi yang bisa memudahkan pengenalan program studi dan universitas di kancah internasional.
  4. Sebagai sumber informasi tentang studi lanjutan yang ada di luar negeri, seperti penelitian, beasiswa, dan kolaborasi bersama pihak luar negeri bagi mahasiswa UHAMKA termasuk alumni demi mengembangkan kemampuan, pendidikan, pengetahuan dan pengembangan.
PPL Internasional UHAMKA
Salah satu upaya yang dilakukan oleh Kantor Urusan Internasional di UHAMKA adalah dengan menyelenggarakan kegiatan PPL Internasional yang dilakukan oleh UHAMKA. Contohnya pada tahun 2016, sebanyak 3 orang mahasiswa yang berasal dari program Pendidikan Ekonomi FKIP UHAMKA terpilih sebagai peserta KKN PPL yang diadakan Badan Alumni Luar Negeri Thailand Selatan. Dimana, sekolah-sekolah yang ada di Thailand Selatan seperti Narathiwath, Yala, Songkhla telah menandatangani MoU untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Bahkan kegiatan PPL KKN terpadu sudah dilakukan sebanyak 6 kali dalam waktu 3 tahun. Dalam kegiatan PPL KKN ke-6 UHAMKA telah bergabung dengan 10 perguruan Tinggi di Indonesia lainnya yang mampu membawa sebanyak 88 Mahasiswa. Peserta KKN PPL terpadu sendiri akan ditempatkan di beberapa sekolah yang bersedia menerima mahasiswa untuk magang dan praktik mengajar. Demikianlah langkah-langkah yang dilakukan oleh pihak UHAMKA, dan Kantor Urusan Internasional UHAMKA untuk memperkenalkan sekaligus menjalin kerjasama internasional dengan kampus-kampus yang ada di luar negeri.

Mau Beasiswa ? Klik Disini

image : @uhamkaid