Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

Komisi XI DPR RI Terkesan Peta UGD Kemiskinan Banyuwangi

Komisi XI DPR melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi. Saat mengunjungi Lounge Pelayanan Publik, 12 legislator terkesan dengan peta kemiskin...



Komisi XI DPR melakukan kunjungan kerja ke Banyuwangi. Saat mengunjungi Lounge Pelayanan Publik, 12 legislator terkesan dengan peta kemiskinan saat dipaparkan Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko.

Dipimpin Wakil Ketua Komisi XI Marwan Cik Asan ini, rombongan ini mendengarkan apa yang disampaikan Yusuf, Senin (27/5/2019). Melalui layar monitor yang banyak terpasang di lounge, Yusuf menjelaskan tentang penanganan kemiskinan Banyuwangi yang kerap dikenal dengan program UGD (Unit Gawat Darurat) kemiskinan.

Yusuf mengatakan penanganan kemiskinan di Banyuwangi dilakukan dengan melibatkan banyak stakeholder. Bahkan, di setiap desa terdapat tim penanganan kemiskinan yang bertugas menyisir permasalahan warga di tingkat lokal agar segera tertangani. Data yang ada dari desa lalu disinkronkan dengan data dari pusat dan pemkab. Bisa dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan maupun Badan Pusat Statistik.

"Peta kemiskinan yang terpapar di sini adalah hasil sinkronisasi data. Di peta ini sudah terpampang jelas, misalnya penduduk X ini masuk dalam indikator kemiskinan yang mana, dan sudah mendapat bantuan dari program apa saja. Jadi, intervensi bantuan yang akan diberikan sangat terukur, sehingga mempercepat pengentasan warga miskin," terang Yusuf.

Mendengar apa yang dipaparkan Yusuf, mereka langsung mengapresiasi apa yang dilakukan Banyuwangi. Menurut mereka, dengan cara ini program pengentasan kemiskinan berjalan dengan efektif.

"Ini menarik sekali, daerah sudah bisa membuat peta kemiskinan dengan detail. Bahkan melakukan sinkronisasi data hingga level desa. Seharusnya daerah lain bisa mencontoh peta semacam ini," kata Marwan.

Kunjungan spesifik para legislator ini dalam rangka pertemuan dengan industri keuangan (Otoritas Jasa Keuangan, PT Pegadaian, Jasa Raharja dan Perbankan) yang digelar di Hotel Dialoog, Banyuwangi.

Saat ditanya mengapa memilih rapat di Banyuwangi, dengan rapat di Banyuwangi, pihaknya mengaku bisa menyerap semangat inovasi yang banyak digiatkan di kabupaten ujung timur Pulau Jawa tersebut.

"Salah satu keuntungan menggelar pertemuan di sini, selain fasilitas yang memadai dan destinasi wisatanya menarik, kita dapat bonus, yaitu bisa menyerap semangat inovasi yang tumbuh di daerah ini," kata Marwan.

Dalam kesempatan itu, Marwan juga mengaku terpesona dengan berbagai arsitektur bangunan yang ada di kabupaten berjuluk sunrise of Java ini.

"Banyuwangi ini memang beda. Sejak turun dari pesawat dan melihat desain bandara-nya saya sudah terkagum-kagum. Belum lagi longe-nya. Tak hanya itu, kantor pemkabnya juga terlihat menyenangkan," pungkasnya. 

Kuliah Beasiswa..?? Klik Disini

Reponsive Ads