Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Kemlu Jawab Tudingan Habib Rizieq: Menlu ke Saudi untuk Perlindungan WNI Bukan Arahkan Staf Dukung Jokowi

Kementerian Luar Negeri membantah pernyataan Imam Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq yang menuding Menteri Luar Negeri saat berkunjung k...



Kementerian Luar Negeri membantah pernyataan Imam Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq yang menuding Menteri Luar Negeri saat berkunjung ke Arab Saudi meminta kepada para staf Kedutaan Besar Republik (KBRI) dan Konsulat jenderal Republik Indonesia (KJRI) untuk memilih pasangan 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri, Lalu Muhammad Iqbal kepada wartawan di Jakarta, Senin (1/4/2019) menjelaskan bahwa kedatangan Menlu Retno Marsudi ke KJRI Jeddah terkait perlindungan warga negara Indonesia (WNI).

Kunjungan dilakukan pada 2-3 Maret 2019. "Yaitu untuk meresmikan pelayanan satu atap. Yang hampir 7 tahun dicita-cita kan dan alhamdulillah baru selesai pada Februari dan diresmikan oleh Menlu tanggal 2-3 maret," ujar Iqbal yang pada saat itu menemani Menlu selama kunjungan.

Ia menegaskan bahwa kedatangan Menlu Retno ke KJRI Jeddah tidak terkait politik.

Kedatangan Menlu, ujar Iqbal, merupakan rentetan program "peduli WNI" yang sebelumnya telah diresmikan oleh Presiden Jokowi pada Oktober 2018.

"Nanti pola pelayanan WNI akan berubah di semua perwakilan. Satu sistem, pelayanan satu atap. Kenapa Saudi dan Malaysia, karena kedua tempat itu yang paling chalenging (menantang-red) dari segi pelayanan," kata Iqbal.

Kedua, lanjut dia, Menlu Retno memanfaatkan kunjugan untuk melihat sekolah Indonesia-Jeddah, karena rencananya pemerintah sudah merencanakan akan memindahkan sekolah Indonesia-Jeddah saat ini.

"Ketiga bertemu dengan staf KJRI. Jadi pertemuan dengan perwakilan kegiatan yang pasti dilakukan oleh Menlu ke perwakilan RI di mana pun," ujar Iqbal.

Dalam video yang diunggah Front TV, Habib Rizieq mengatakan bahwa Menlu meminta para staf KBRI Riyadh untuk bekerja keras memenangkan Jokowi. Namun Iqbal mengungkapkan bahwa Menlu Retno hanya berkunjung ke KJRI di Jeddah.

Iqbal menuturkan bahwa Menlu Retno tidak membicarakan politik. "Menlu mengingatkan kepada semua staf di perwakilan menjaga netralitas, profesionalisme, dan integritas," kata Iqbal.

Kuliah Beasiswa..?? Klik Disini

Gambar : Okezone.com
Sumber : Okezone.com