Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Tarif MRT Jakarta Ditetapkan Hari Ini, Intip Bocorannya

Moda raya terpadu (MRT) Jakarta telah resmi beroperasi. Meski telah beroperasi, MRT Jakarta belum punya tarif alias gratis hingga seminggu k...



Moda raya terpadu (MRT) Jakarta telah resmi beroperasi. Meski telah beroperasi, MRT Jakarta belum punya tarif alias gratis hingga seminggu ke depan.

Rencananya, tarif MRT Jakarta akan ditetapkan hari ini, Senin 25 Maret 2019. Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan pihaknya kali ini sudah sepakat dengan usulan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Senin Insyaallah harganya sudah ada. Harganya sudah ada, debatable-nya itu di atas Rp 10.000, di bawah Rp 16.000. Kali ini cocok nih," katanya saat ditemui usai acara peresmian MRT Jakarta di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (23/3/2019).

Dia bilang penetapan tarif tersebut harus segera dilakukan lantaran pengoperasian MRT secara komersial akan dimulai pada 1 April 2019. Selain penetapan tarif MRT, nantinya juga akan ditetapkan tarif LRT Jakarta dari Kelapa Gading ke Velodrome.

"Semua kita ketokin. Harus diketok, karena 1 April kan sudah komersial," tambahnya.

Setali tiga uang, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku telah mengantongi perhitungan tarif lengkap untuk semua skema perjalanan antar stasiun. Meski menolak untuk mengungkapkan besaran yang akan ditetapkan, Anies memastikan tarif bakal ditetapkan pada Senin ini. 

"Kesepakatannya sudah, tapi belum diketok. Diketoknya hari Senin, etikanya diumumkan hari Senin," katanya.

Adapun besaran tarif yang akan ditetapkan tersebut adalah Rp 10.000/10 km (proyeksi rrata-rata perjalanan). Dengan tarif tersebut, maka jumlah subsidi yang akan dikeluarkan Pemprov DKI Jakarta mencapai Rp 672 miliar hingga akhir 2019.

Jumlah subsidi berasal dari proyeksi penumpang MRT sebanyak 65.000 orang/hari dengan besaran subsidi per penumpang mencapai Rp 21.659. Dengan demikian, makin banyak jumlah penumpang maka subsidi akan bisa ditekan.

Tarif Rp 10.000/10 km sendiri terdiri atas dua komponen, yakni boarding fee yang dipatok sebesar Rp 1.500 ditambah unit price per kilometer (harga per kilometer) yang dikalikan jarak. Tarif 10.000/10 km unit harga per km nya dipatok Rp 850.

Berikut asumsi tarif MRT Jakarta untuk beberapa simulasi dengan formula di atas:
Jarak terdekat antar stasiun (0,8 km) Rp 2.180
Jarak terjauh antar stasiun (2,2 km) Rp 3.370
Jarak terjauh dari stasiun awal ke akhir (15,7 km) Rp 14.845

Kuliah Beasiswa..?? Klik Disini

Gambar : Detik.com
Sumber : Detik.com