Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Facebook, Instagram, Whatsapp Sempat Alami Gangguan Berjam-jam

Berdasarkan data Down Detector, Facebook telah mengalami gangguan sejak Rabu (13/3) malam pukul 23.00 WIB, dengan total lebih 18 ribu lapora...



Berdasarkan data Down Detector, Facebook telah mengalami gangguan sejak Rabu (13/3) malam pukul 23.00 WIB, dengan total lebih 18 ribu laporan.

Tiga media sosial milik Facebook sempat dilanda gangguan pada platformnya. Banyak pengguna yang mengeluhkan Facebook, Instagram, dan Whatsapp tidak bisa berfungsi dengan maksimal sejak Rabu malam (13/3). Saat berita ini diturunkan, ketiga platform tersebut telah mengalami perbaikan.  

Facebook dan Instagram telah mengeluarkan pernyataan terkait masalah yang dialaminya saat ini yang diunggahnya lewat media sosial Twitter. "Kami sadar bahwa beberapa orang saat ini kesulitan mengakses keluarga aplikasi Facebook. Kami sedang berupaya untuk mengatasi masalah ini secepatnya," ujar Facebook di akun Twitter resminya, Kamis (14/3) pukul 02.03 WIB. 

Dalam cuitannya di Twitter, Facebook mengungkapkan permasalahan yang terjadi bukan disebabkan oleh serangan DDoS dari para hacker. Meski begitu, perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg ini belum dapat mengungkapkan apa permasalahan yang terjadi di layanannya, sehingga menyebabkan gangguan selama berjam-jam.

Berdasarkan data Down Detector, Facebook telah mengalami gangguan sejak Rabu (13/3) malam pukul 23.00 WIB, dengan total lebih 18 ribu laporan mengenai gangguan mengenai log in 34 %, newsfeed 33 %, dan total black out 31 %. Sama halnya dengan Instagram, platform ini juga dikabarkan mengalami gangguan sejak Kamis (14/3) dini hari pukul 00.01 WIB. Beberapa pengguna mengeluhkan tidak bisa melakukan log in dan ketika berhasil log in, pengguna mendapat notifikasi yang eror dan diminta untuk mencoba log in kembali. 

Sementara dalam pernyataan yang berbeda, Instagram juga mengeluarkan pernyataan terkait gangguan yang dialami platform-nya juga lewat media sosial Twitter. "Kami sadar sedang mengalami gangguang yang menyebabkan pengguna kami sulit mengakses Instagram saat ini. Kami tahu ini mengecewakan, dan tim kami sedang berusaha keras untuk mengatasi permasalahan ini secepatnya," ujar Instagram di akun Twitter resminya, Kamis (14/3) pukul 05.18 WIB. 

Bahkan menurut laporan The Guardian, sejumlah pengguna Facebook di web desktop dan aplikasi melihat pesan 'required maintenance'. Namun belum ada kepastian kapan layanan Facebook dan Instagram akan kembali lagi, karena gangguan ini tidak menyerang seluruh pengguna. beberapa pengguna mengaku masih bisa membuka Facebook seperti biasa.

Adapun Whatsapp, juga dikabarkan tidak bisa digunakan secara maksimal bagi penggunanya. Hingga berita ini ditulis, platform tersebut tidak bisa digunakan untuk mengirim foto maupun video, namun pengguna masih bisa mengirimkan pesan teks. Hanya, hingga saat ini belum ada pernyataan resmi dari Whatsapp mengenai gangguan yang dialaminya. 

Sebagai informasi, atas gangguan yang menimpa ketiga platform tersebut, pengguna mengeluhkan kejadian tersebut di platform Twitter. Tercatat hingga pukul 09:24 WIB, hastag #instagramdown #facebookdown dan #whatsapp menjadi Trending Topics di platform tersebut.

Kuliah Beasiswa..?? Klik Disini