Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Pages

Responsive Ad

ACT Bantu Evakuasi Korban Gempa Lombok

Gempa bumi berkekuatan 5,8 SR terjadi di Timur Laut Lombok Timur. Gempa yang terjadi pukul 15.07 WITA dengan kedalaman 10 kilometer merusak ...



Gempa bumi berkekuatan 5,8 SR terjadi di Timur Laut Lombok Timur. Gempa yang terjadi pukul 15.07 WITA dengan kedalaman 10 kilometer merusak puluhan rumah warga di Sambelia, Lombok Timur. 

Pukul 17.30 WITA Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) dan ACT NTB memberangkatkan 9 personel rescue ke lokasi longsor. Tim bertugas membantu proses evakuasi korban longsor yang di tempat wisata Air Terjun Tiu Kelep.

"Tim malam ini akan langsung berkoordinasi dengan tim evakuasi yang sudah ada di lokasi longsor, mereka akan fokus mengevakuasi korban longsor yang masih selamat," terang Kepala Program ACT NTB Romi Saifudin, dalam keterangan tertulis, Minggu (17/3/2019).

Dua menit kemudian terjadi gempa susulan berkekuatan 5,2 SR di barat laut Lombok Timur degan kedalaman 11 kilo meter. Menurut informasi, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami.

Data yang didapatkan Aksi Cepat Tanggap Nusa Tenggara Barat (ACT NTB) menyebutkan, ada 23 rumah yang mengalami rusak berat dan 13 unit rumah roboh. Di saat bersamaan juga terjadi longsor di daerah wisata Air Terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile Senaru, Lombok Utara akibat gempa tersebut.

Bahkan, sekitar 40 orang wisatawan terjebak longsoran di sekitar kejadian. Wisatawan tersebut berasal dari Malaysia dan domestik.
Sementara itu, pihak BPBD dan Dinas Kesehatan, dan Pemerintah Kabupaten Lombok Utara telah menurunkan 4 ambulans ke lokasi bencana beserta sejumlah personel dan paramedis. 

Korban yang baru bisa dievakuasi sebanyak 5 orang, sementara 3 orang meninggal dunia dan sejumlah lainnya luka-luka, serta 1 orang dirawat di Puskesmas Bayan. Dalam data terbaru yang disampaikan BPBD, dua korban jiwa di daerah longsoran sekitar air terjun Tiu Kelep telah ditemukan.

Kuliah Beasiswa...?? Klik Disini

Gambar : Detik.com
Sumber : Detik.com

Reponsive Ads