Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Pages

Fikes Bekerja sama dengan SPs Ilmu Kesehatan UHAMKA Adakan Seminar International Dengan Tema “Scalling Up Socio-Religious Determinants For Better Health”

Dengan akan datangnya era 5.0, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Masyarakat UHAMKA yang bekerja sama dengan Sekolah Pascasarjana Ilmu Kesehatan M...

Dengan akan datangnya era 5.0, Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Masyarakat UHAMKA yang bekerja sama dengan Sekolah Pascasarjana Ilmu Kesehatan Masyarakat UHAMKA dan didukung oleh APTKMMI (Association of Indonesian Muhammadiyah Public Health Institution) melaksanakan kegiatan seminar internasional  “International Conference on Social Determinants of Health” (ICSDH) dengan tema “Scalling up socio-religious determinants for better health” yang diselenggarakan di Sky Ballroom Hotel Aston Priority, Jakarta pada hari Rabu, 28 November 2018.
Kegiatan ini di awali dengan sambutan dari Ibu Ony Linda, M.Kes selaku Dekan Fakultas Ilmu-Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Dalam sambutannya, Ibu Ony Linda menyampaikan tentang kesiapan kita mengahdapi era 5.0 dimana semakin banyaknya kekuatan dan sistem yang membentuk kodisi kehidupan sehari-hari dan pentingnya determinan sosial dari segi kesehatan untuk mencapai prioritas global. Selanjutnya, sebagai bagian dari determinan sosial, perhatian terhadap peran agama dalam kesehatan juga meningkat. Maka, kita perlu memahami lebih jauh lagi mengenai hal tersebut diatas.
Setelah sambutan dari Dekan Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (FIKES UHAMKA) acara ini di buka oleh Prof. Dr H, Gunawan Suryoputro, M.Hum selaku Wakil Rektor I, beliau menambahkan bahwa selain dari dua aspek tersebut diatas perlu lagi pendekatan secara logika dalam mengahdai era 5.0 dan acara ini dibuka dengan mengucapkan “Bismillah”.
Setelah Pembukaan oleh Wakil Rektor I, acara dilanjutkan dengan pemberian hadiah bagi peserta yang mengikuti kompetisi mahasiswa kesehatan masyarakat kampus muhammadiyah se-Indonesia 2018, hadiah berupa piagam dan bingkisan yang disponsori oleh Tupperware.
Kemudian dilanjutkan dengan seminar di sesi pertama, yang dimoderatori oleh M. Bigwanto.,M.PH selaku Wakil Dekan III. Beliau memoderatori dua pembicara yaitu Prof. Dr. Ahmed Ragab dari Universitas Al Azhar, Egypt. Beliau menjelaskan mengenai teori dan prakteknya pada topik “Religion as a social deerminants of health”. Selanjutnya, dilanjutkan oleh pembicara kedua yaitu,Prof. Dr. Sudarnoto Abdul Hakim yang merupakan executive board of Univeristas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (UHAMKA) dengan topik “Bridging the gap between Life (Health) science and religion” setelah pembicara selesai dilanjutkan degan sesi tanya jawab oleh para peserta seminar.
Setela sesi pertama selesai, sesi kedua dilanjutkan yang dimoderatori oleh Dr. Sarah Handayani., M.Kes. Beliau memoderatori tiga pembicara diantaranya pembicara pertama yaitu Lylla Winzer, Ph.D, Univeristas Mahidol, Thailand. Beliau menjelaskan dengan topik “Religion and Healt: A prespective from psycology”.selanjutnya, pembicara kedua yaitu Dr. Emma Rachmawati, M.PH yang merupakan general health service council muhammadiyah/UHAMKA dengan topik “Islamic non-government institutions and its role on improving health”. Dilanjutkan dengan pembicara terakhir yaitu Pilar Ramos Jimenez, Ph.D dari INC, Filipina dengan topik “Religion leaders role on health area”.
Acara ini kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab dan foto bersama. Setelah pembicara selesai membahas mengenai topiknya, kemudian acara dilanjutkan dengan presentasi dari para peserta yang ingin menerbitkan artikel ilmiahnya.